Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Jumat, 15 Februari 2019

Dian Marta

Metodologi Penelitian Sastra

Sampul Buku Metodologi Penelitian Sastra oleh Jabrohim / www.medialiterasiguru.com
medialiterasiguru.com- Penelitian bisa dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, tapi juga menjenuhkan. Penelitian yang menyenangkan terjadi saat peneliti benar-benar menikmati tahapan-tahapan yang telah disusun dalam metodologi penelitiannya. Sedangkan penelitian yang menjenuhkan adalah penelitian yang tidak efektif dan adanya ketidaktercapaian tujuan penelitian.
Penelitian tidak dapat dilaksanakan begitu saja tanpa adanya perencanaan yang matang. Maka tidak salah jika sebelum laporan penelitian dibuat, disusunlah terlebih dahulu proposalnya. Dalam meneliti, terutama dalam penelitian sastra. Masih banyak kebingungan yang dirasakan oleh penulis. Apalagi jika penelitinya itu guru SD yang secara basic tidak memiliki kepiawaian khusus dalam hal kesastraan. Oleh karena itu penelitian sastra banyak dihindari oleh guru SD.
Berdasarkan pengalaman dari penulis sendiri yang pernah mencoba meneliti tentang penggunaan kata tanya Adiksimba (Apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) dengan bantuan media kartu, penulis banyak menemukan masalah. Beberapa masalah yang muncul ternyata berasal dari sumber yang sama. Sumber itu ada penyusunan langkah-langkah penelitian yang kurang tepat sasaran. Dampak yang muncul adalah peneliti mengalami kesulitan dalam hal pengambilan data. Untuk itu, penting bagi seorang penulis yang ingin meneliti sastra untuk mempelajari buku ini.
Metodologi penelitian sastra yang penulis sampaikan dalam artikel ini bersumber dari buku "Metodologi Penelitian Sastra" yang disusun oleh Jabrohim bekerjasama dengan Penerbit PT. Hanindita Graha Widia Yogyakarta. Pada cetakan pertama (April, 2001) buku ini sudah banyak diminati pembaca karena kontennya yang sangat bermanfaat.
Buku yang disusun oleh beberapa penulis ini membahas tentang
1. Penelitian Sastra: Tinjauan tentang teori dan metode sebuah pengantar
2. Langkah-langkah penyusunan rancangan penelitian sastra
3. Latar belakang masalah dan tujuan penelitian dalam penelitian sastra
4. Kerangka teoretik, identifikasi variabel, dan hipotesis dalam penelitian sastra
5. Populasi dan sampel dalam penelitian sastra
6. Populasi dan sampel dalam penelitian sastra
7. Petunjuk penelitian sastra dengan metode pendekatan tematis-filosofis
8. Analisis struktural: salah satu model pendekatan dalam penelitian sastra
9. Penelitian sastra dalam perspektif strukturalisme genetik
10. Strukturalisme dinamik dalam pengkajian sastra
Bagi Sahabat Literasi yang ingin mengetahui pengkajian buku ini lebih mendalam dapat mengunjungi perpustakaan maupun toko buku terdekat. Salam literasi. (DM)

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :