Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Selasa, 01 Januari 2019

Dian Marta

Syarat Mendapatkan NUPTK

Minggu-minggu ini dunia kepegawaian diramaikan dengan pengumuman penerimaan CPNS. Hampir di setiap kabupaten/kota se Indonesia mengisi kekosongan instansinya dengan pegawai baru. Apalagi di perhelatan keguruan. Guru adalah profesi yang paling banyak direkrut oleh pemerintah daerah. Memang tidak dipungkiri jumlah guru di berbagai sekolah mengalami kekurangan.
Perlu diketahui wajib bagi guru untuk memiliki NUPTK. NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pengelolaan NUPTK bertujuan untuk
a. meningkatkan tata kelola pendidik dan tenaga kependidikan
b. memberikan identitas resmi kepada pendidik dan tenaga kependidikan
c. memetakan kondisi riil pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan
Untuk memperoleh NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan Persesjen Kemdikbud No.1 Tahun 2018. 
Syarat calon penerima NUPTK:
a. sudah terdata dalam pangkalan data dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id
b. belum memiliki NUPTK
c. telah bertugas pada satuan pendidikan yang Yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional
Penerbitan penetapan NUPTK dapat dilakukan melalui sistem aplikasi vervalptk.data.kemdikbud.go.id.






Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :