Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Kamis, 31 Januari 2019

Dian Marta

Membaca itu Menyenangkan

Foto: Suasana Literasi kelas 5B SDN Sampangan 01/medialiterasiguru.com
Literasi erat dikaitkan dengan kegiatan membaca,  membaca,  dan membaca.  Namun membaca yang seperti apa yang disebut literasi?  Pada hakikatnya,  literasi adalah kemampuan memahami aksara.   Oleh karena itu banyak yang mengartikan literasi hanya sebagai kegiatan membaca.  Padahal, literasi memiliki makna yang lebih mendalam.

Dalam kegiatan literasi,  siswa tidak hanya diberi kesempatan membaca dan memahami isi bacaan.  Namun siswa juga harus bisa "menikmati" isi bacaan tersebut.  "Menikmati" yang dimaksud di sini adalah siswa enjoy dalam kegiatan yanh dirancang d dalam kelas.  Siswa bebas mengekspresikan jiwa dan kebutuhan mereka laiknya burung yang terbebas dari sangkarnya.
Saya pikir akan sangat lucu ketika siswa diminta berliterasi tapi suasana yang dibangun d dalam kelas dapat dikatakan tidak ramah anak.  Suasana yang formal,  kaku,  tegang,  dan tidak nyaman tentunya tidak memberikan pengalaman menyenangkan bagi siswa.  Sesekali siswa perlu diberi suasana baru agar mereka dapat membaca dengan cara mereka.  Mereka juga perlu diberi kesempatan untuk saling share dengan teman terkait isi buku yang telah mereka baca.  Proses sharing ini perlu didorong untuk timbul secara alamiah.  Artinya,  biarkan siswa itu menceritakan pada temannya dengan cara mereka sendiri.  Bukan karena ditunjuk bergantian,  apalagi dipaksakan.

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :