Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Kamis, 03 Januari 2019

Dian Marta

Literasi Budaya dengan Tembang Pangkur

Buku Paket Bahasa Jawa

Meskipun kita hidup di zaman digital, mempelajari tembang-tembang daerah (khususnya Jawa) hendanya tidak menjadi hal asing. Apalagi sebagai guru muda yang memiliki banyak cara untuk mempelajari sesuatu. Tidak ada alasan bagi guru untuk mengatakan "tidak bisa". Guru bisa belajar dari orang lain maupun dari media-media yang menjamur di internet.
Salah satu fenomena aneh dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD adalah guru menghindari mengajarkan tembang macapat pada anak. Alasannya, guru merasa tidak menguasai lagu atau tidak tahu artinya. Padahal jika guru itu mau menelaah kurikulum sejak awal, seharusnya ia memiliki waktu untuk belajar terlebih dahulu sebelum mengajarkan pada anak-anak. JIka memang terpaksa benar-benar tidak mampu, guru dapat memanfaatkan youtube sebagai media yang dapat membantu proses pembelajaran.
Berikut ini adalah teks Sekar Pangkur:

Sekar Pangkur

Sekar pangkur kang winarna
Lelabuhan kang kanggo wong aurip
Ala lan becil punika
Prayoga kawruhana
Adat waton puniku dipun kadulu
Miwah ingkang tata krama
Den kaesthi siyang ratri 

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :