Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Kamis, 31 Januari 2019

Dian Marta

Contoh Target Tahunan SKP 2019

Foto: Dok. Pribadi www.medialiterasi.com
medialiterasiguru.com.-Minggu-minggu ini PNS se Kota Semarang sedang dihebohkan oleh yang namanya SKP.  apa sih SKP itu?  Ya,  SKP adalah Sasaran Kinerja Pegawai.  Di Semarang sendiri SKP sudah mulai dibuat secara online sejak kurang lebih 4 tahun terakhir.  Jika dulu SKP masoh dibuat manual,  sekarang yang manual itu mulai ditinggalkan.  Sistem pembuatan SKP telah mengarah pada kiblat digital methods.
Kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang
menggunakan situs satu pintu dalam hal kepegawaian.  Haram bagi PNS kota Semarang jika tidak mengenal alamat www.simpatik.semarangkota.go.id. Di website inilah PNS pada mengecek presensi,  ekinerja,  sisdm,  dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia kepegawaian.
Dalam pembuatan SKP ada istilah SKP tahunan,  bulanan. dan harian.  Dari masing-masing SKP telah dilengkapi form target,  realisasi,  dan prestasi kerja.  Baiklah, akan saya mulai dari SKP Tahunan.  Artikel yang saya tulis ini mengacu pada sosialisasi pembuatan SKP yanh dilaksanakan di kecamatan Gajahmungkur pada tanggal 30 Januari 2019.
Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian oleh guru-guru pada khususnya saat pembuatan SKP.  Dalam hal ini saya memang lebih banyak membahas SKP guru karena sesuai dengan bidang kerja saya.  Sebelum mengisi target tahunan,  guru harus tahu betul nilai PKG tahunan kategori BAIK. misalnya saya golongan III A,  maka nilai AK untuk "merencanakan... " adalah 10.5. Poin inilah yang dijadikan acuan.  Beberapa kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan berdasarkan prosentase dari nilai PKG tersebut.  Misal dalam menuliskan ekstrakurikuler.
AK ekstrakurikuler = 2% *10.5 = 2.1
Nilai 2.1 ini adalah AK untuk 1 tahun.  Jika ekstrakurikuler hanya dilaksanakan 10 bulan,  maka AK untuk ekstrakurikuler dalam target bulanannya adalah 2.1:10 = 0.21
Sebelum menyusun target tahunan memang sangat penting bagi kita untuk menyiapkan buku 4 agar semua kegiatan yang kita tulis dapat diukur angka kreditnya dengan melihat AK pada pedoman tersebut. Selamat mencoba!

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :