Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Minggu, 27 Januari 2019

Dian Marta

Cara Menyampaikan Materi Konvensi Hak-Hak Anak

Medialiterasiguru.com- Sebenarnya saya bukan tipe guru yang digital-digital banget. Saya pun masih sering mengajak anak untuk membaca dan membahas materi secara bersama-sama. Biasanya saya memberikan waktu beberapa menit bagi mereka untuk membaca dan mencari gagasan utama dari setiap paragraf yang mereka baca. Sama halnya dengan materi Konvensi Hak-Hak Anak yang terdapat dalam Buku Siswa halaman 32-33.


Seperti biasanya saya meminta mereka untuk membaca. Saya taat aturan karena dalam bukutersebut petunjuknya pun "Ayo Membaca". Maka bukan suatu kesalahan kalau langkah pertama yang saya pilih adalah meminta anak untuk membaca. Setelah anak menemukan aggasan utama setiap paragraf, saya meminta beberapa anak untuk menyampaikan simpulan dari isi bacaan. Mereka bebas membuat simpulan dengan kalimat mereka sendiri. mau kalimatnya terdengar diksinya kurang tepat atau kalimatnya rancu bagi saya tidak masalah. Terkadang guru harus belajar sabar dan menjadi pendengar yang baik. hehe ...

Dalam mengajarkan Konvensi Hak-Hak Anak saya lebih suka menggunakan mind mapping. Jadi ada beberapa poin yang saya bahas.
1. Pengertian
2. Latar Belakang Konvensi Hak-Hak Anak
3. Tujuan Konvensi Hak-Hak Anak
4. Pihak-Pihak yang terlibat
5. Macam-macam Bentuk Konvensi Hak-Hak Anak dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.


Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :