Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Minggu, 27 Januari 2019

Dian Marta

Cara Mengajukan Kenaikan Pangkat Guru

www.medialiterasiguru.com

medialiterasiguru.com-Kenaikan pangkat adalah momen istimewa bagi setiap guru, khususnya yang PNS. Pada tahap ini seorang guru akan berusaha mempersiapkan dri bahwa dirinya memang berhak atas penghargaan dalam jenjang karirnya. Biasanya kenaikan pangkat jatuh pada SK per April dan Oktober. Pada bulan Januari seperti ini misalnya, banyak guru yang sibuk menyiapkan berkas kenaikan pangkat mereka.
Adanya program PAK tahunan sebenarnya sangat membantu guru dalam menghitung nilai yang sudah terkumpul selama masa jabatannya berlangsung. Misalnya Bu Susi adalah guru PNS dengan Golongan 3A. Pada tahun 2018 Angka Kredit Bu Susi adalah 146,33. Dari nilai tersebut tampak nilai Pengembangan diri 2,8. Maka dapat dinyatakan bahwa Bu Susi belum bisa naik pangkat. Untuk bisa naik pangkat, selain bu Susi harus mengajar 1 tahun lagi dengan nilai 10,5 (kategori baik), bu Susi juga harus memenuhi kewajiban Pengembangan Diri dengan nilai AK 3. Ya, bu Susi harus mencari nilai 0,2 lagi agar nilai PD nya cukup. 
Meskipun nilai mengajarnya sudah cukup, namun jika nilai PD masih kurang, Bu Susi belum bisa mengajukan KP alias kenaikan pangkat. Selain mempertimbangkan nilai, ada beberapa berkas yang perlu dipersiapkan juga. Seperti
- SK CPNS
- SK PNS
- SK Japfung
- Ijazah
- SK Pembagian Tugas Mengajar
- Laporan Pengembangan Diri
- Surat tugas terkait
Berkas itu hendaknya disusun rapi berdasarkan checklist yang telah dipersiapkan tim penilai. Ingat ya, .... kita harus mengikuti aturan yang sudah dibuat tim penilai. Termasuk kategori warna map juga. Meskipun terlihat sepele, tapi ngeyel dengan menjilid berkas dengan tidak sesuai pada aturan, maka sama halnya dengan bunuh diri. Semoga kita semua lulus dalam pengajuan pangkat. Amin.

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :