Selamat Datang Sahabat Media Literasi Guru. Yuk, kirim tulisanmu ke medialiterasiguru@gmail.com dan konfirmasikan karyamu di 081225183113

Rabu, 02 Januari 2019

Dian Marta

Apa itu PPPK?

Forum Cerdas Challenge Yogyakarta
Untuk kakak-kakak yang kemarin "belum berhasil" dalam seleksi CPNS 2018 jangan bersedih ya. Belum berhasil pada seleksi CPNS bukan berarti karir kita berhenti sampai di sini. 2019 telah datang, saatnya kita menyambut lembaran baru dengan harapan-harapan baru dan usaha-usaha yang lebih giat tentunya.
Berdasarkan wacana yang beredar pada awal tahun 2019 ini pemerintah akan mengadakan seleksi PPPK. Apa itu PPPK?
"PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja". Jadi bisa dikatakan PPPK itu hampir sama seperti CPNS. 
Perlu sobat ketahui bahwa dii Indonesia yang dimaksud dengan pegawai ASN tidak hanya PNS saja. PPPK merupakan bagian dari ASN. Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahanatau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan. ASN dibagi menjadi 2 yaitu PNS dan PPPK. PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertenttu, diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. Sedangkan PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah.
Bagi kita yang lolos seleksi PPPK, kita pun akan memperoleh NIP dan SK. PPPK pun memiliki hak yang hampir sama dengan CPNS:
1. Gaji, tunjangan
2. Cuti
3. Jaminan pensiun dan jaminan hari tua
4. Perlindungan
5. Penempatan untuk 1 instansi
Siap-siap yuk dalam menyongsong recruitment PPPK.

Dian Marta

About Dian Marta

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :